STANDAR KOMPETISI KELULUSAN (SKL)
UJIAN PRAKTIK/SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Propinsi : DKI Jakarta
Satuan Pendidikan : SMA
Bidang studi : Bahasa Inggris
Tahun Pelajaran : 2013- 2014
Bentuk Tes : Ujian Praktik
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
KETERANGAN
|
1
|
1. SPEAKING (Berbicara)
Siswa mampu
mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan pendek berbentuk teks fungsional
pendek, dan teks monolog sederhana berbentuk
narrative, recount, news item, report,
descriptive, explanation, exposition, discussion dan review
dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
- Melakukan percakapan pendek secara
berpasangan dengan lancar berdasarkan situasi yang telah disediakan yang sedikitnya
mengandung 5 ungkapan: simpati, nasihat, keharusan/ketidakharusan, suka/tidak
suka, terkejut atau rasa bangga dengan 5 sampai 10 pertukaran peran secara
bergantian.
- Melakukan percakapan pendek secara
berpasangan dengan lancar berdasarkan situasi yang telah disediakan yang
sedikitnya mengandung 5 ungkapan: kesenangan/ketidaksenangan, kesetujuan/ketidaksetujuan, kepuasan/ketidakpuasan, berjanji/membatalkan janji, mengusulkan
dengan 5 sampai 10 pertukaran peran secara bergantian.
- Mendiskripsikan atau menjelaskan sebuah
benda atau orang yang telah disediakan oleh penguji. Siswa diminta untuk
mediskripkan atau menjelaskan suatu benda atau orang minimal dengan 10
kalimat yang komunikatif.
- Menceritakan sebuah serita pendek dalam
bentuk narrative/recount
berdasarkan situasi yang telah disediakan oleh penguji.
-
Memberikan tinjauan (review) sebuah buku/film dengan
menggunakan bahasa yang komunikatif berdasarkan teks tertulis/film yang
disediakan oleh penguji.
|
-
Penguji memberikan beberapa
alternatif pilihan soal yang akan diujikan.
-
Siswa(testee) hanya memilih
salah satu soal yang akan dipraktikan.
-
Penguji menggunakan pedoman
penskoran yang sesuai dengan discourse
yang praktikan oleh siswa (testee).
|
SEBARAN MATERI
UJIAN PRAKTEK BAHASA INGGRIS
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Sekolah : SMA Kartini 1 Alokasi Waktu : 120 Menit
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Jumlah Soal : 5
Kurikulum Acuan : 2013/2014 Penulis : Yendri Deswin, SS.
No
|
Standar
Kompetensi Lulusan
|
Uraian Materi
|
Bahan
Kelas
|
Indikator Soal
|
Bentuk
Soal
|
No. Soal
|
1
|
SPEAKING (Berbicara)
Siswa mampu
mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa
lisan pendek berbentuk teks fungsional pendek, dan teks monolog sederhana
berbentuk narrative, recount,
news item, report, descriptive, explanation,
exposition, discussion dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Percakapan simpati, nasihat, keharusan/ ketidakharusan,
suka/ tidak suka, terkejut atau rasa bangga
|
XI
|
Melakukan
percakapan pendek secara berpasangan dengan lancar berdasarkan situasi yang
telah disediakan yang sedikitnya mengandung 5 ungkapan: simpati, nasihat,
keharusan/ketidakharusan, suka/tidak suka, terkejut atau rasa bangga dengan 5
sampai 10 pertukaran peran secara bergantian.
|
Uraian
|
1
|
Percakapan kesenangan/ ketidaksenangan, kesetujuan/ketidaksetujuan, kepuasan/ ketidakpuasan, berjanji/membatalkan janji, mengusulkan
|
XI
|
Melakukan
percakapan pendek secara berpasangan dengan lancar berdasarkan situasi yang
telah disediakan yang sedikitnya mengandung 5 ungkapan: kesenangan/ ketidaksenangan, kesetujuan/ketidaksetujuan, kepuasan/ ketidakpuasan, berjanji/membatalkan janji, mengusulkan
dengan 5 sampai 10 pertukaran peran secara bergantian.
|
Uraian
|
2
|
||
Monolog lisan berbentuk descriptive
|
X
|
Mendiskripsikan
atau menjelaskan sebuah benda atau orang yang telah disediakan oleh penguji.
Siswa diminta untuk mediskripkan atau menjelaskan suatu benda atau orang
minimal dengan 10 kalimat yang komunikatif.
|
Uraian
|
3
|
||
Monolog sederhana berbentuk recount dan narrative
|
X
|
Menceritakan sebuah
serita pendek dalam bentuk narrative/recount berdasarkan situasi yang telah disediakan oleh
penguji
|
Uraian
|
4
|
||
Monolog teks review secara lisan
|
XII
|
Memberikan tinjauan (review) sebuah buku/film dengan menggunakan bahasa
yang komunikatif berdasarkan teks tertulis/film yang disediakan oleh penguji
|
Uraian
|
5
|
KARTU SOAL UJIAN PRAKTIK SMA KARTINI 1
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Program Studi : IPA/IPS
Jumlah Soal : 5
Bentuk Soal : Uraian
Bentuk Ujian : Praktik
Standar Kompetensi :
Siswa mampu mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam
bahasa lisan pendek berbentuk teks fungsional pendek, dan teks monolog
sederhana berbentuk narrative, recount,
news item, report, descriptive, explanation,
exposition, discussion dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Ruang
Lingkup : Melafalkan berbagai tindak tutur dalam
bentuk resmi dan tak resmi
·
Menggunakan tindak tutur yang
sesuai untuk suatu pernyataan/
situasi
yang diberikan
·
Mempraktekkan dialog
·
Menjawab pertanyaan tentang
percakapan
·
Tanya-jawab dengan teman
Indikator
: Melakukan percakapan pendek
secara berpasangan dengan lancar berdasarkan situasi yang telah disediakan
yang sedikitnya mengandung 5 ungkapan: simpati, nasihat,
keharusan/ketidakharusan, suka/tidak suka, terkejut atau rasa bangga dengan 5
sampai 10 pertukaran peran secara bergantian.
Nomor Soal : 1
Soal : Make short conversation with your friend
base on 5 condition in it : simpati, nasihat,
keharusan/ketidakharusan, suka/tidak suka, terkejut atau rasa bangga with
5 until 10 every person!
Kunci/
Pedoman Penskoran
|
KARTU SOAL UJIAN PRAKTIK SMA KARTINI 1
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Program Studi : IPA/IPS
Jumlah Soal : 5
Bentuk Soal : Uraian
Bentuk Ujian : Praktik
Standar
Kompetensi : Mengungkapkan
makna dalam teks percakapan transaksional resmi dan percakapan berlanjut (sustained) secara
akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu
Ruang Lingkup : Menggunakan tindak tutur yang sesuai
untuk suatu pernyataan/situasi yang diberikan.
·
Mempraktekkan dialog
·
Menjawab pertanyaan tentang
percakapan
·
Tanya-jawab dengan teman
Indikator
: Melakukan percakapan pendek
secara berpasangan dengan lancar berdasarkan situasi yang telah disediakan
yang sedikitnya mengandung 5 ungkapan: kesenangan/ ketidaksenangan, kesetujuan/ketidaksetujuan,
kepuasan/ ketidakpuasan, berjanji/membatalkan
janji, mengusulkan dengan 5 sampai 10 pertukaran peran
secara bergantian.
Nomor Soal : 2
Soal : Done short conversation with your friend
base on 5 condition in it : kesenangan/ketidaksenangan, kesetujuan/ketidaksetujuan, kepuasan/ketidakpuasan, berjanji/membatalkan janji, mengusulkan with 5 until
10 every person!
Kunci/
Pedoman Penskoran
|
KARTU SOAL UJIAN PRAKTIK SMA KARTINI 1
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Program Studi : IPA/IPS
Jumlah Soal : 5
Bentuk Soal : Uraian
Bentuk Ujian : Praktik
Standar Kompetensi : Mengungkapkan makna dalam teks monolog yang berbentuk narrative, descriptive dan news
item sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan popular
Ruang Lingkup
: Mendeskripsikan
bagian-bagian tubuh hewan/manusia
Indikator
: Mendiskripsikan atau
menjelaskan sebuah benda atau orang yang telah disediakan oleh penguji. Siswa
diminta untuk mediskripkan atau menjelaskan suatu benda atau orang minimal
dengan 10 kalimat yang komunikatif.
Nomor Soal : 3
Soal
: Describe(gambarkan) or
explain(jelaskan) a thing or person that have
presented. Testee must prepare minimal 10 communicative sentences!
Kunci/
Pedoman Penskoran
|
KARTU SOAL UJIAN PRAKTIK SMA KARTINI 1
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Program Studi : IPA/IPS
Jumlah Soal : 5
Bentuk Soal : Uraian
Bentuk Ujian : Praktik
Standar
Kompetensi : Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan teks monolog berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan mengakses ilmu pengetahuan.
Ruang
Lingkup : Melakukan teks monolog lisan berbentuk recount, narrative, dan procedure.
Indikator : Menceritakan sebuah serita pendek dalam
bentuk narrative/recount
berdasarkan situasi yang telah disediakan oleh penguji
Nomor Soal : 4
Soal : Tell short story that kind of narrative/recount
base on situation that have presented by your teacher/tester
(Penguji)
Kunci/
Pedoman Penskoran
|
KARTU SOAL UJIAN PRAKTIK SMA KARTINI 1
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Program Studi : IPA/IPS
Jumlah Soal : 5
Bentuk Soal : Uraian
Bentuk Ujian : Praktik
Standar
Kompetensi : Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative
dan review secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari
Ruang Lingkup : Teks
lisan berbentuk narrative.
Teks lisan berbentuk review
Indikator : Memberikan tinjauan (review) sebuah buku/film dengan menggunakan bahasa yang
komunikatif berdasarkan teks tertulis/film yang disediakan oleh penguji
Nomor Soal : 5
Soal : Make review (tinjauan) about a book/film
by communicative language base on teks/film that have presented by your
teacher/tester (penguji)
Kunci/
Pedoman Penskoran
|
PEDOMAN PENSKORAN
UJIAN PRAKTIK Bahasa Inggris SMA Kartini 1
2013/2014
A. SPEAKING
NO
|
ASPEK
|
KRETERIA
|
SKOR
|
1
|
Leksikogramatika
|
·
Tata bahasa dan kosa kata tepat
·
Tata bahasa dan kosa kata
kadang-kadang kurang tepat dan tidak mempengaruhi makna
·
Tata bahasa dan kosa kata kurang
tepat dan mempengaruhi makna
·
Tata bahasa dan kosa kata sulit
dipahami.
·
Diam
|
5
4
3
2
1
|
2
|
Sistematika
|
·
Melakukan dan merespon tindak tutur dengan tepat dalam
bahasa lisan
·
Melakukan dan merespon tindak tutur
dalam bahasa lisan dimana kadang-kadang terdapat kesalah-pahaman
·
Sering terjadi kesalahan dalam
melakukan dan merespon tindak tutur.
·
Tidak mampu melakukan dan merespon
tindak tutur sederhana.
·
Memproduksi kata-kata yang tidak
berbentuk teks
|
5
4
3
2
1
|
·
Sesuai dengan struktur teks yang maksimal dalam genre yang
dipilih.
·
Sesuai dengan struktur teks minimal dengan genre yang
dipilih.
·
Struktur teks yang kurang jelas dan
mempengaruhi kejelasan makna.
·
Gagasan dan struktur kurang jelas.
·
Gagasan dan struktur sulit dipahami.
|
5
4
3
2
1
|
||
3
|
Ucapan dan Intonasi
|
·
Sangat jelas dan mendekati penutur
asli.
·
Sangat jelas walaupun dengan aksen
bahasa ibu.
·
Kurang jelas dan mempengaruhi makna.
·
Tidak jelas dan menghilangkan
sebagian makna
·
Tidak jelas dan tidak bermakna
|
5
4
3
2
1
|
4
|
Komunikasi
Interaktif
|
·
Percaya diri dan lancar dalam mengambil giliran bicara
serta mampu mengkoreksi diri jika melakukan kesalahan.
·
Percaya diri meskipun ada pengulangan
dan kerakuguan.
·
Lebih banyak merespon dari berinisiatif.
·
Sulit diajak bicara meskipun sudah
dipancing.
·
Tidak mampu merespon dan
berinisiatif.
|
5
4
3
2
1
|
Cara penghitungan nilai praktek Bahasa Inggris Nilai Ujian Praktek Speaking
Contoh: Agus memperoleh skor nilai ujian berbicara 20,
Maka nilai ujian praktek Agus adalah:
Soal Ujian Praktek
Make short conversation with your friend base on 5 condition in it : simpati, nasihat, keharusan/ketidakharusan, suka/tidak suka, terkejut atau rasa bangga with 5 until 10 every person!
Done short conversation with your friend base on 5 condition in it : kesenangan/ketidaksenangan, kesetujuan/ketidaksetujuan, kepuasan / ketidakpuasan, berjanji/membatalkan janji, mengusulkan with 5 until 10 every person!
Describe(gambarkan) or explain(jelaskan) a thing or person that have presented. Testee must prepare minimal 10 communicative sentences!
Tell short story that kind of narrative/recount base on situation that have presented by your teacher/tester (Penguji)
Make review (tinjauan) about a book/film by communicative language base on teks/film that have presented by your teacher/tester (penguji)
Jakarta, 10 Desember 2013
Mengetahui, Penguji Ujian Praktek Bahasa Inggris SMA Kartini 1
Kepala SMA Kartini Penguji 1 Penguji 2
Drs.H. Suradi, MM Esty Nursinta, SS Yendri Deswin, SS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar