Kamis, 06 Februari 2014

SKL, SM, K Soal, dan Soal Ujian Praktek Bahasa Inggris SMA XII

STANDAR KOMPETISI KELULUSAN (SKL)
UJIAN PRAKTIK/SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Propinsi                   : DKI Jakarta                                                                      
Satuan Pendidikan   : SMA
Bidang studi             : Bahasa Inggris                                                                    
Tahun Pelajaran       : 2013- 2014
Bentuk Tes              : Ujian Praktik


NO

KOMPETENSI



INDIKATOR

KETERANGAN
1
1. SPEAKING (Berbicara)
Siswa mampu mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  yang menggunakan ragam bahasa lisan pendek berbentuk teks fungsional pendek, dan teks monolog sederhana berbentuk  narrative, recount, news item, report, descriptive, explanation, exposition, discussion dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.

-      Melakukan percakapan pendek secara berpasangan dengan lancar berdasarkan situasi yang telah disediakan yang sedikitnya mengandung 5 ungkapan: simpati, nasihat, keharusan/ketidakharusan, suka/tidak suka, terkejut atau rasa bangga dengan 5 sampai 10 pertukaran peran secara bergantian.

-      Melakukan percakapan pendek secara berpasangan dengan lancar berdasarkan situasi yang telah disediakan yang sedikitnya mengandung 5 ungkapan: kesenangan/ketidaksenangan, kesetujuan/ketidaksetujuan, kepuasan/ketidakpuasan, berjanji/membatalkan janji, mengusulkan dengan 5 sampai 10 pertukaran peran secara bergantian.

-      Mendiskripsikan atau menjelaskan sebuah benda atau orang yang telah disediakan oleh penguji. Siswa diminta untuk mediskripkan atau menjelaskan suatu benda atau orang minimal dengan 10 kalimat yang komunikatif.

-      Menceritakan sebuah serita pendek dalam bentuk narrative/recount berdasarkan situasi yang telah disediakan oleh penguji.

-      Memberikan tinjauan (review) sebuah buku/film dengan menggunakan bahasa yang komunikatif berdasarkan teks tertulis/film yang disediakan oleh penguji.

-   Penguji memberikan beberapa alternatif pilihan soal yang akan diujikan.



-   Siswa(testee) hanya memilih salah satu soal yang akan dipraktikan.





-   Penguji menggunakan pedoman penskoran yang sesuai dengan discourse yang praktikan oleh siswa (testee).

                                                                         2012@Kurikulum dan Sistem Pengujian SMA Dikmenti DKI Jakarta




SEBARAN MATERI UJIAN PRAKTEK BAHASA INGGRIS
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Sekolah                : SMA Kartini 1                                                 Alokasi Waktu     : 120 Menit
Mata Pelajaran     : Bahasa Inggris                                                  Jumlah Soal          : 5
Kurikulum Acuan : 2013/2014                                                       Penulis                  : Yendri Deswin, SS.


No
Standar Kompetensi Lulusan
Uraian Materi
Bahan Kelas
Indikator Soal
Bentuk Soal
No. Soal
1
SPEAKING (Berbicara)
Siswa mampu mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  yang menggunakan ragam bahasa lisan pendek berbentuk teks fungsional pendek, dan teks monolog sederhana berbentuk  narrative, recount, news item, report, descriptive, explanation, exposition, discussion dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Percakapan simpati, nasihat, keharusan/ ketidakharusan, suka/ tidak suka, terkejut atau rasa bangga
XI
Melakukan percakapan pendek secara berpasangan dengan lancar berdasarkan situasi yang telah disediakan yang sedikitnya mengandung 5 ungkapan: simpati, nasihat, keharusan/ketidakharusan, suka/tidak suka, terkejut atau rasa bangga dengan 5 sampai 10 pertukaran peran secara bergantian.
Uraian

1
Percakapan kesenangan/ ketidaksenangan, kesetujuan/ketidaksetujuan, kepuasan/ ketidakpuasan, berjanji/membatalkan janji, mengusulkan
XI
Melakukan percakapan pendek secara berpasangan dengan lancar berdasarkan situasi yang telah disediakan yang sedikitnya mengandung 5 ungkapan: kesenangan/ ketidaksenangan, kesetujuan/ketidaksetujuan, kepuasan/ ketidakpuasan, berjanji/membatalkan janji, mengusulkan dengan 5 sampai 10 pertukaran peran secara bergantian.
Uraian

2
Monolog  lisan berbentuk  descriptive
X
Mendiskripsikan atau menjelaskan sebuah benda atau orang yang telah disediakan oleh penguji. Siswa diminta untuk mediskripkan atau menjelaskan suatu benda atau orang minimal dengan 10 kalimat yang komunikatif.
Uraian

3
Monolog sederhana   berbentuk  recount dan narrative
X
Menceritakan sebuah serita pendek dalam bentuk narrative/recount berdasarkan situasi yang telah disediakan oleh penguji
Uraian

4
Monolog teks review secara lisan
XII
Memberikan tinjauan (review) sebuah buku/film dengan menggunakan bahasa yang komunikatif berdasarkan teks tertulis/film yang disediakan oleh penguji
Uraian

5






KARTU SOAL UJIAN PRAKTIK SMA KARTINI 1 
TAHUN PELAJARAN 2013/2014 

                                                     Mata Pelajaran   : Bahasa Inggris
                                                     Program Studi    : IPA/IPS
                                                     Jumlah Soal       : 5
                                                     Bentuk Soal      : Uraian
                                                     Bentuk Ujian     : Praktik


Standar Kompetensi     :    Siswa mampu mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  yang menggunakan ragam bahasa lisan pendek berbentuk teks fungsional pendek, dan teks monolog sederhana berbentuk  narrative, recount, news item, report, descriptive, explanation, exposition, discussion dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Ruang Lingkup               :    Melafalkan berbagai tindak tutur dalam bentuk resmi dan tak resmi
·      Menggunakan tindak tutur yang sesuai untuk suatu pernyataan/
      situasi yang diberikan
·      Mempraktekkan dialog
·      Menjawab pertanyaan tentang percakapan
·      Tanya-jawab dengan teman

Indikator                         :    Melakukan percakapan pendek secara berpasangan dengan lancar berdasarkan situasi yang telah disediakan yang sedikitnya mengandung 5 ungkapan: simpati, nasihat, keharusan/ketidakharusan, suka/tidak suka, terkejut atau rasa bangga dengan 5 sampai 10 pertukaran peran secara bergantian.

Nomor Soal                     :    1

Soal                                 :    Make short conversation with your friend base on 5 condition in it : simpati, nasihat, keharusan/ketidakharusan, suka/tidak suka, terkejut atau rasa bangga with 5 until 10 every person!






Kunci/
Pedoman Penskoran





KARTU SOAL UJIAN PRAKTIK SMA KARTINI 1 
TAHUN PELAJARAN 2013/2014 

                                                     Mata Pelajaran   : Bahasa Inggris
                                                     Program Studi    : IPA/IPS
                                                     Jumlah Soal       : 5
                                                     Bentuk Soal      : Uraian
                                                     Bentuk Ujian     : Praktik

 

Standar Kompetensi           :    Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional resmi dan percakapan  berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan mengakses ilmu


Ruang Lingkup               :    Menggunakan tindak tutur yang sesuai untuk suatu pernyataan/situasi yang diberikan.
·      Mempraktekkan dialog
·      Menjawab pertanyaan tentang percakapan
·       Tanya-jawab dengan teman

Indikator                         :    Melakukan percakapan pendek secara berpasangan dengan lancar berdasarkan situasi yang telah disediakan yang sedikitnya mengandung 5 ungkapan: kesenangan/ ketidaksenangan, kesetujuan/ketidaksetujuan, kepuasan/ ketidakpuasan, berjanji/membatalkan janji, mengusulkan dengan 5 sampai 10 pertukaran peran secara bergantian.

Nomor Soal                    :    2

Soal                                :    Done short conversation with your friend base on 5 condition in it : kesenangan/ketidaksenangan, kesetujuan/ketidaksetujuan, kepuasan/ketidakpuasan, berjanji/membatalkan janji, mengusulkan with 5 until 10 every person!









Kunci/
Pedoman Penskoran





KARTU SOAL UJIAN PRAKTIK SMA KARTINI 1 
TAHUN PELAJARAN 2013/2014 

                                                     Mata Pelajaran   : Bahasa Inggris
                                                     Program Studi    : IPA/IPS
                                                     Jumlah Soal       : 5
                                                     Bentuk Soal      : Uraian
                                                     Bentuk Ujian     : Praktik

 

Standar Kompetensi       :    Mengungkapkan makna  dalam teks monolog yang berbentuk  narrative, descriptive dan news item sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan popular

Ruang Lingkup               :    Mendeskripsikan bagian-bagian tubuh hewan/manusia


Indikator                         :    Mendiskripsikan atau menjelaskan sebuah benda atau orang yang telah disediakan oleh penguji. Siswa diminta untuk mediskripkan atau menjelaskan suatu benda atau orang minimal dengan 10 kalimat yang komunikatif.

Nomor Soal                    :    3

Soal                                :    Describe(gambarkan) or explain(jelaskan) a thing or person that have presented. Testee must prepare minimal 10 communicative sentences!















Kunci/
Pedoman Penskoran




KARTU SOAL UJIAN PRAKTIK SMA KARTINI 1 
TAHUN PELAJARAN 2013/2014 

                                                     Mata Pelajaran   : Bahasa Inggris
                                                     Program Studi    : IPA/IPS
                                                     Jumlah Soal       : 5
                                                     Bentuk Soal      : Uraian
                                                     Bentuk Ujian     : Praktik

 

Standar Kompetensi           :    Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan teks monolog berbentuk  recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.

 

Ruang Lingkup                  :    Melakukan teks monolog lisan berbentuk recount, narrative, dan procedure.

Indikator                        :    Menceritakan sebuah serita pendek dalam bentuk narrative/recount berdasarkan situasi yang telah disediakan oleh penguji

Nomor Soal                    :    4

Soal                                :    Tell short story that kind of narrative/recount base on situation that have presented by your teacher/tester (Penguji)









Kunci/
Pedoman Penskoran





KARTU SOAL UJIAN PRAKTIK SMA KARTINI 1 
TAHUN PELAJARAN 2013/2014 

                                                     Mata Pelajaran   : Bahasa Inggris
                                                     Program Studi    : IPA/IPS
                                                     Jumlah Soal       : 5
                                                     Bentuk Soal      : Uraian
                                                     Bentuk Ujian     : Praktik

 

Standar Kompetensi           :    Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari


Ruang Lingkup              :    Teks lisan berbentuk narrative.
Teks lisan berbentuk review

Indikator                         :    Memberikan tinjauan (review) sebuah buku/film dengan menggunakan bahasa yang komunikatif berdasarkan teks tertulis/film yang disediakan oleh penguji

Nomor Soal                    :    5

Soal                                 :    Make review (tinjauan) about a book/film by communicative language base on teks/film that have presented by your teacher/tester (penguji)






Kunci/
Pedoman Penskoran







PEDOMAN PENSKORAN
UJIAN PRAKTIK Bahasa Inggris SMA Kartini 1
2013/2014

 A. SPEAKING

NO
ASPEK
KRETERIA
SKOR
1
Leksikogramatika
·    Tata bahasa dan kosa kata tepat
·    Tata bahasa dan kosa kata kadang-kadang kurang tepat dan tidak mempengaruhi makna
·    Tata bahasa dan kosa kata kurang tepat dan mempengaruhi makna
·    Tata bahasa dan kosa kata sulit dipahami.
·    Diam
5
4

3

2
1
2
Sistematika

  1. Interaktional








  1. Monolog
·    Melakukan dan merespon tindak tutur dengan tepat dalam bahasa lisan
·    Melakukan dan merespon tindak tutur dalam bahasa lisan dimana kadang-kadang terdapat kesalah-pahaman
·    Sering terjadi kesalahan dalam melakukan dan merespon tindak tutur.
·    Tidak mampu melakukan dan merespon tindak tutur sederhana.
·    Memproduksi kata-kata yang tidak berbentuk teks
5

4

3

2
1
·      Sesuai dengan struktur teks yang maksimal dalam genre yang dipilih.
·      Sesuai dengan struktur teks minimal dengan genre yang dipilih.
·      Struktur teks yang kurang jelas dan mempengaruhi kejelasan makna.
·      Gagasan dan struktur kurang jelas.
·      Gagasan dan struktur sulit dipahami.
5

4

3

2
1
3
Ucapan dan Intonasi
·      Sangat jelas dan mendekati penutur asli.
·      Sangat jelas walaupun dengan aksen bahasa ibu.
·      Kurang jelas dan mempengaruhi makna.
·      Tidak jelas dan menghilangkan sebagian makna
·      Tidak jelas dan tidak bermakna
5
4
3
2
1
4
 Komunikasi Interaktif
·      Percaya diri dan lancar dalam mengambil giliran bicara serta mampu mengkoreksi diri jika melakukan kesalahan.
·      Percaya diri meskipun ada pengulangan dan kerakuguan.
·      Lebih banyak merespon dari berinisiatif.
·      Sulit diajak bicara meskipun sudah dipancing.
·      Tidak mampu merespon dan berinisiatif.
5

4
3
2
1

Cara penghitungan nilai praktek Bahasa Inggris Nilai Ujian Praktek Speaking

Contoh: Agus memperoleh skor nilai ujian berbicara 20,
Maka nilai ujian praktek Agus adalah:


Soal Ujian Praktek

Make short conversation with your friend base on 5 condition in it : simpati, nasihat,       keharusan/ketidakharusan, suka/tidak suka, terkejut atau rasa bangga with 5 until 10 every person!

Done short conversation with your friend base on 5 condition in it : kesenangan/ketidaksenangan, kesetujuan/ketidaksetujuan, kepuasan / ketidakpuasan, berjanji/membatalkan janji, mengusulkan with 5 until 10 every person!

Describe(gambarkan) or explain(jelaskan) a thing or person that have presented. Testee must prepare minimal 10 communicative sentences!

Tell short story that kind of narrative/recount base on situation that have presented by your teacher/tester (Penguji)

Make review (tinjauan) about a book/film by communicative language base on teks/film that have presented by your teacher/tester (penguji)


                                                                                                        Jakarta, 10 Desember 2013
Mengetahui,                                                                Penguji Ujian Praktek Bahasa Inggris SMA Kartini 1
Kepala SMA Kartini                                                               Penguji 1                     Penguji 2  


Drs.H. Suradi, MM                                                          Esty Nursinta, SS         Yendri Deswin, SS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar